Makan Siang Gratis, Rp 7.500 Bisa Dapat Makanan Bergizi Apa untuk Anak?
Sumber: Canva.com

Health / 19 July 2024

Kalangan Sendiri

Makan Siang Gratis, Rp 7.500 Bisa Dapat Makanan Bergizi Apa untuk Anak?

Aprita L Ekanaru Official Writer
620

Apakah Anda pernah bertanya-tanya bagaimana caranya menyediakan makan siang bergizi untuk anak-anak dengan anggaran terbatas? Pfresiden terpilih, Prabowo Subianto, telah mempertimbangkan anggaran sebesar Rp 7.500 untuk makan siang gratis bagi anak-anak sekolah di dalam program kerjanya. Tapi, apa saja sebenarnya yang bisa didapatkan dengan jumlah uang tersebut? Apakah mungkin memberikan makanan bergizi dengan anggaran sekecil itu? Mari kita telusuri bersama.

Mengapa Makanan Bergizi Penting?

Anak-anak dalam rentang usia sekolah membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan otak mereka. Makanan bergizi membantu meningkatkan konsentrasi, energi, dan kesehatan secara keseluruhan. Tanpa asupan nutrisi yang memadai, performa akademis dan kesehatan jangka panjang anak bisa terganggu.

Menu Makan Siang Bergizi dengan Anggaran Rp 7.500

1. Nasi dan Sayur

Nasi Putih merupakan sumber karbohidrat utama yang memberikan energi. Harga nasi putih tanpa lauk pada Warteg di Jakarta dibandrol dengan harga yang berkisar mulai dari Rp 4.000,- hingga Rp 7.000,- per porsi. Sementara aneka sayuran hijau seperti bayam atau kangkung yang kaya akan vitamin dan serat dibandrol dengan harga mulai dari Rp 3.000,-. 

2. Sumber Protein

Sumber protein yang paling terjangkau dan mudah di dapatkan antara lain yaitu olahan telur yang dibandrol dengan harga mulai dari Rp 5.000,-, ada juga tempe dan tahu sebagai altenatif protein nabati yang kaya akan zat besi dan kalsium dibandrol dengan harga mulai dari Rp 2.000,- 

3. Buah

Pisang termasuk pada golongan buah yang mudah didapat dan kaya akan kalium serta vitamin C. Dipasaran buah ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp 3.000,- per buahnya.

Bagaimana menurut Anda? Apakah Rp 7.500 cukup untuk menyediakan makan siang bergizi bagi anak-anak? Mari kita dukung program ini dan lihat bagaimana kita bisa berkontribusi.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami